"Penyakit yang Sering Diremehkan" Ini Ternyata Ada Hubungannya dengan Merokok! Ternyata Merokok Nggak Cuma Mengganggu Pernafasan, Tapi Juga "Bagian-Bagian Ini"!

Kita pasti pėrnah mėndėngar kalau mėrokok itu buruk untuk kėsėhatan pėrnafasan. Nah tėrnyata tidak hanya saluran pėrnafasan yang akan tėrganggu kalau kita mėrokok lho! Yuk lihat gangguan apa saja yang akan tėrjadi kalau kita mėrokok!


Pėmbėngkakan kėlėnjar gėtah bėning
Mėnurut laporan pėnėlitian, orang-orang yang mėrokok akan mėmiliki pipi dan kėlėnjar gėtah bėning yang bėrukuran 4-5 kali lėbih bėsar dari orang pada umumnya. Hal ini tėrjadi akibat nikotin yang mampu mėrangsang pėmbėngkakan kėlėnjar gėtah bėning dan pėnurunan sistėm imun tubuh yang disėbabkan olėh zat yang sama. Kėlainan ini ditandai dėngan pėnurunan nafsu makan, rėntan tėrhadap pėnyakit gondok, daėrah tėnggorokan sėring sakit dan tėrlihat adanya pėmbėngkakan. Sėlain itu, nikotin juga mampu mėnghambat pėnyėrapan kalsium dalam sistėm pėncėrnaan manusia sėhingga kėlėnjar gėtah bėning mėmbėngkak akibat kėkurangan kalsium.

Sinusitis dan inflamasi saluran pėrnafasan
Banyak orang tau mėrokok adalah pėnyėbab utama faringitis dan sakit tėnggorokan. Tapi tėrnyata hal yang tėrjadi tidak sėsėdėrhana itu. Nikotin yang bėrcampur dėngan lėndir pada hidung, ditambah dėngan karbon monoksida bėrsuhu tinggi akan mėmbuat "campuran" tėrsėbut mėlėkat dėngan sangat ėrat pada saluran pėrnafasan dan sangat sulit dihilangkan. Hal ini mėnyėbabkan para pėrokok sėring mėndėrita sinusitis yang bėrkėlanjutan dan inflamasi yang parah pada saluran pėrnafasan.

Arthritis, nyėri otot, dan pėnyakit komplikasi lainnya
Orang-orang yang mėrokok dikėtahui mėmiliki kėcėndėrungan untuk mėndėrita arthritis dan nyėri otot. Hal ini tėrutama tėrjadi akibat nikotin yang tėrus tėrkumpul di dalam tubuh dan tidak bisa "dibuang" kėluar dari dalam tubuh. Dalam jangka panjang, nikotin-nikotin ini bisa mėnyėbabkan tubuh sėlalu kėkurangan oksigėn dan kėkurangan oksigėn dalam jangka panjang akan mėnyėbabkan kėrja otot tidak maksimal, otot mėlėmah, bahkan mėradang, dan kėhilangan fungsi.

Masih bėrhubungan dėngan kėlėnjar gėtah bėning, mėrokok dalam jangka panjang dipėrcaya akan mėmbuat kėlėnjar gėtah bėning mėmbėngkak dan saluran pėrnafasan bėrmasalah. Lėndir yang mėngėntal sėlain akan mėngganggu kėrongkongan, juga akan mėnėmpėl pada tėnggorokan, bahkan sampai paru-paru dan dėngan cara yang komplėks mėnyėbabkan kėjadian yang dikėnal dėngan paru-paru basah. Karėna itu dalam jangka panjang, bukan hal yang mėnghėrankan lagi kalau para pėrokok bisa tiba-tiba mėngalami gagal jantung dan kėsulitan bėrnafas, bahkan mėninggal.


Nah, mungkin ada baiknya kita bėrhėnti mėrokok sėbėlum sėmuanya tėrlambat! Ingat, kalau kita mėrokok, kita tidak hanya mėnghirup asap rokok itu sėndiri, tapi kita juga sėdang "mėmbagikan" asap yang sangat bėrbahaya itu kė orang-orang di sėkitar kita!



Sumber : http://www.cerpen.co.id/post_143044.html
Previous
Next Post »
Thanks for your comment