12 Tips & Trik merawat dan memelihara blog

rumahinfo1.blogpot.com

Halo sahabat rumah info pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang "12 Tips & Trik merawat dan memelihara blog bagi" yang penasaraan berikut ulasanya:

 Blog layaknya sebuah peliharaan yang kita sayangi dan kita jaga kesehatannya, dengan demikian blog juga perlu kita pantau, khusus semisal harus seminggu sekali atau 3 hari sekali.Tapi akan lebih baik  kalau kita membuat  jadwal waktu semacam alarm untuk bersih-bersih blogNah ini beberapa tips yang masuk ke kategori "pembersihan" :

1.Pantau Website/blog 
pantau blog anda dengan menggunakan SEO (Search Enggin Optimzations) seperti dengan menggunakan Webmastertool, dan beberapa layanan lainnya.

2.Pantau website/blog dari pelaku spam
Awasi website anda dari pelaku-pelaku spam yang tidak bertanggung jawab, mereka hanya ingin menaikkan pencarian blog atau membuat backlink ke dinding blog kita tanpa rasa malu.
3.Trafik
Selalu perhatikan trafik pengunjung, Layaknya sebuah tontonan, jika sepi teruslah menggali informasi bagimana cara mengoptimalkannya,hal ini bisa juga dijadikan sebuah reset keyword yang bisa anda fokuskan dalam mengelolah website
4.Hindari blog sampah
Jangan biarkan Blog anda menjadi blog sampah, Nah dalam hal ini sangat banyak para blogger yang mogok Ngeblog lantaran tidak mau mencari ilmu, hanya berhayal blognya rame akan tetapi mereka melakukan perbuatan konyol sehingga membuat blog tidak terurus lebih parah lagi sampe passwordnya juga lupa.

5.Tingalkan sejenak aktivitas online di medsos
Tinggalkan sejenak segala aktivitas online dimedia sosial yang seperti situs jejaring sosial yang membuat kita malas update artikel, kecuali anda mencari informasi seputar blogger.


6.Hargai usahamu sendiri
Cobalah mencintai ciptaan produk sendiri, dengan anda membuat blog jangan dibuat mubazir atau hanya iseng-iseng. Kalau memang anda sudah malas mending dijual aja, pasti laku ko,

7.Mempunyai forum/group
Aktif pada forum/group, siapa tahu ada sesuatu yang perlu ditanyakan mengenai seputar web.


8. Link keluar
Setiap kali saya mengikuti lomba blog, yang sering kalah dari pada menangnya hahah pasti kan ada ya syarat ketentuan bahwa kata kunci harus ngelink ke website-nya si penyelenggara lomba atau ke landing page tertentu.

Nah, setelah lomba usai, biasanya semua link-link keluar saya remove. Memang harus di remove ? Kalau saya sih iya, karena saya tidak mau ada terlalu banyak link keluar dari blog saya ini.

9. 
Banner di sidebar
Ada kalanya juga, di beberapa lomba yang saya ikuti, harus memasang banner di sidebar blog yang tentunya nge-link ke website ke penyelenggara. Ini juga saya bersihkan kalau waktu lombanya sudah usai. Selain biar blog kembali tampil rapi,juga sudah tidak berfungsi lagi ya toh ?

10. 
Penayangan Artikel 
Bingung gak ? Maksudnya begini, ada beberapa artikel yang sudah tayang di blog ini dan harus saya masukkan lagi ke draft karena satu dan beberapa sebab. Di bawah ini beberapa contoh mengapa artikel yang sudah tayang harus masuk kandang lagi.

Contoh :


·         Sponsored post atau content placement yang lamaaaa banget pembayarannya dan cenderung gajebo padahal artikel sudah tayang beberapa lama.
·         Content placement yang terlanjur tayang tapi di minta masukin ke draft lagi oleh klien karena titik titik. Pernah salah paham gara-gara di pikir dia blog ini DA-nya sudah 25 gitu wkwkwk
·         Artikel untuk lomba yang ternyata penyelenggaranya gajebo. yang ini beneran bikin males banget. Contoh nyata adalah lomba blog Beluna. Saya bikin artikel untuk lomba ini yang ternyata waktu lombanya di perpanjang beberapa bulan dan kemudian di infokan oleh adminnya bahwa tidak ada pemenang satupun. Nah daripada gak asyik, ya udah artikelnya masuk kandang lagi, beres.

11. Kategori/Label
Ada beberapa kategori yang memang saya buat khusus untuk lomba blog atau lomba SEO semacam lomba blog Staedtler, Glorimelamine dan Melaminemall. Pernah baca sih, kalau penempatan label atau kategori atau banner di sidebar akan lebih jozzz. Bener gak sih ?
Setelah jangka waktu lomba selesai, kategori-kategori dan label-label ini juga akan selesai ^^


12. 
Broken Link
Dulu saya gak tahu kalau pas komen di blog orang itu gak boleh pakai link hidup. Karena kalau pas artikel atau blog kita udah gak aktif, berpengaruh juga di tempat kita ninggalin link-link macam komentar pas blog walking.
 
Nah, meskipun sudah sering banget di informasikan dan di beritahu tapi kadang ada aja teman-teman yang ninggalin link hidup di kolom komentar. Makanya butuh beberapa waktu juga untuk cek broken link di blog kita, ada atau tidak.

Nah itu tadi tips merawat blog, semoga bermanfaat dan tunggu update seputar tips&trik hanya d rumah info ya sob salam.

Author :Muhmmad Wildan

Previous
Next Post »
Thanks for your comment