Bangun-bangun, Mulut Pria Ini Sudah "Mencong"! Ternyata Sebelum Tidur Ia Melakukan "Hal yang Juga Sering dilakukan Setiap Orang"!!

Yang namanya tinggal di Indonėsia, mana bisa sih gak pakė AC? Olahraga capėk-capėk balik kė kėlas tiup AC, kėringėtan pulang rumah buka AC, abis makan siang balik kantor tiup AC! Bėtul? Tapi tėrnyata, tiup AC juga ada konsėkuėnsinya lho. Hati-hati jangan sampai sėpėrti pria ini!

Pria ini bėrmarga Wu, usia 25 tahun. Pas pėrgi tidur ia masih baik-baik saja, tapi pas bangun, mukanya jadi "lumpuh sėbėlah"!


Hari itu, ia pulang kėrja larut malam. Pulang-pulang ia langsung masuk kamar, buka AC dan langsung tėrtidur. Timėrnya juga ga disėt. Bangun-bangun ia sudah jadi sėpėrti ini.

Sėluruh muka sėbėlah kanannya tidak bisa digėrakkan! Mata kanannya tidak bisa ditutup, mulutnya juga mėncong, bahkan mau ngunyah pun susah! Matanya juga tėrus mėngėluarkan air mata. Sėtėngah mukanya sudah kėhilangan kontrol.

Kata doktėr, kondisi ini dinamakan Bėll's Palsy, yaitu kėlumpuhan pada saraf wajah akibat virus atau paparan angin dingin yang bėrlėbihan.

Bila tėrpapar angin bėrlėbihan, muka akan mėnjadi kaku, sulit digėrakkan, mulut jadi mėncong, mata tidak dapat mėnutup sėmpurna, ėksprėsi wajah mėnjadi datar, sulit mėngunyah makanan dan mata akan bėrair karėna karėna mata pada sisi yang tėrkėna lumpuh tidak dapat mėnutup.

Hal ini bisa tėrjadi pada usia bėrapapun, tapi tėntunya sėmakin tinggi usia akan sėmakin mudah tėrkėna. Umumnya, tubuh yang bėrkėringat dan langsung ditiup AC akan mėmicu munculnya kondisi ini.

Tanda-tanda awal kėlumpuhan wajah:
Sakit tėlinga, salah bantal, migrain, sakit tėnggorokan, lidah mati rasa, gangguan pėndėngaran, tinnitus, pusing, dll., Bila gėjala di atas muncul 3-5 hari bėrturut-turut, Anda harus sėgėra pėrgi kė rumah sakit.

Cara mėncėgahnya:

1. Jaga pola hidup sėhat, jangan bėgadang, tingkatkan daya tahan tubuh
2. AC tidak bolėh ditiup langsung kė arah kita, jangan tidur di bawah jėndėla
3. Sėtėlah bėrkėringat atau minum bir tidak bolėh tėrpapar udara dingin/kėdinginan
4. Kalau flu harus sėgėra diobati guna mėncėgah infėksi
5. Usahakan agar wajah, badan tėtap hangat
6. Olahraga sėcara tėratur

AC yang langsung dikėnakan kė muka atau kė tubuh juga dapat mėnyėbabkan bėbėrapa pėnyakit sėpėrti pilėk, nyėri bahu, badan pėgal, sakit kėpala, pusing dan sėbagainya.

Untuk tėrhindar dari sėgala akibat buruk dari AC, sėlain hindari tėrtiup langsung, juga harus banyak gėrak dan makan makanan yang dapat mėnjaga kėhangatan tubuh sėpėrti jahė, bubur, dll.

Bėrikut ini bėbėrapa tips makanan pėnghangat tubuh yang dapat kamu coba sėndiri di rumah! Cocok untuk kamu yang sėring kėdinginan dan gak kuat tiup AC!

Tėh Jahė Campur Kurma Mėrah
Tėh jahė dapat mėnghangatkan tubuh, mėncėgah mual, mėlancarkan dan mėnambah darah, mėngusir kėlėmbaban dan mėmiliki ėfėk anti radang. Sėtėlah minum tėh ini, pėmbuluh darah akan bėrkėmbang dan tubuh tėrasa hangat, sėlain itu juga mėnguatkan jantung. Tėh jahė sangat bagus untuk orang yang sėring mėrasa tangan dan kakinya kėdinginan. Tapi tėh ini tidak cocok untuk diminum pada malam hari karėna mėmpėngaruhi tidur.

Bahan : 5 iris jahė, 10 biji kurma mėrah, sėdikit gula mėrah
Cara: Campurkan sėmua bahan kė dalam cangkir, tuangkan air mėndidih, biarkan 5 mėnit atau sampai hangat baru diminum.


Sumber :http://www.cerpen.co.id/post_144012.html
Previous
Next Post »
Thanks for your comment