Pentingnya Arti Sebuah Nama Bagi Anak : Mengungkap Sejarah dan Arti Nama Detatang


Sebuah nama sangat penting bagi seseorang, hal ini dikarenakan nama tersebut sangat berpengaruh besar bagi dirinya. Nama yang kita miliki akan sangat berhubungan erat dengan diri kita, baik saat kita masih hidup ataupun setelah kita meninggalkan alam fana ini.

Nama selain merupakan identitas diri kita, iapun senantiasa merasuk kealam bawah sadar kita, alhasil ketika nama kita disebut diri kita akan reflex langsung meresponnya.

Begitu pentingnya sebuah nama bagi seseorang sampai-sampai Rasulullahpun dalam haditsnya senantiasa memandu kita untuk memberikan nama yang terbaik untuk anak-anak kita.

Selain karena merupakan identitas, dalam sebuah namapun memiliki kekuatan dan sugesti tertentu bagi pemiliknya, bahkan lebih dari itu nama merupakan sebuah do’a bagi para orang tua agar anak-anaknya memiliki sikap dan karakter seperti nama pemberiannya.

Memiliki arti dan nama yang baik, akan senantiasa memacu pemilik nama tersebut untuk bertindak dan bersikap sesuai dengan namanya tersebut.

Oleh karena itu tak heran jika para mualaf, atau para santri dipondok pesantren senantiasa dirubah namanya oleh para Kiyai, terutama jika nama asalnya tidak memiliki arti dan makna yang baik.
Hal ini dikarenakan para Kiyai paham betul bahwa sebuah nama akan memiliki dampak bagi pemiliknya. Jika nama seseorang mengandung arti yang baik, selain memberikan sugesti yang baik bagi pemiliknya, lebih penting dari itu setiap orang yang menyebut namanya, seakan ikut serta mendoakan sang pemilik nama tersebut agar memiliki hal khsus seperti namanya.



Beberapa hal yang harus kita pegang sebelum memberikan nama pada anak :

Tidak semua orangtua paham betul jika nama pada seorang anak itu sangat penting dan berpengaruh besar pada anak-anaknya. Rendahnya pendidikan dan minimnya ilmu pengetahuan membuat banyak orang tua memberi  nama anak-anaknya dengan nama asal-asalan. Tak jarang banyak anak-anak yang menjadi korban dengan pemberian nama atau julukan (bukan nama sebenarnya tapi masyarakat mengenalnya dengan nama tersebut) dengan nama yang tidak baik, bahkan terkesan menjatuhkan harga diri dan martabat anaknya.

Nama Runtah misalnya, Runtah yang dalam bahasa sunda dan jawa  artinya sampah , justru beberapa orangtua  yang berbahasa sunda dan jawa memakaikan nama tersebut untuk anak-anaknya. Alhasil sebagai anak yang mengetahui arti nama tersebut sejak kecil, alam bawah sadarnya akan merespon nama yang melekat pada dirinya. Oleh karena itu jangan sekali-kali orangtua memberikan nama pada anak yang justru dengan nama tersebut anak menjadi minder, dan menurunkan harga diri dan martabatnya.

Akan sangat jauh lebih baik jika kita menggunakan nama-nama dengan arti yang baik pada anak, sehingga setelah anak mengetahui arti namanya, alam bawah sadarnya akan  tersugesti untuk mewujudkan jati diri  yang sesuai dengan namanya tersebut.

Sebagai orang Islam yang taat , tentu kita harus berpedoman pada ajaran Islam dalam hal apapun, termasuk dalam memutuskan memberikan nama pada anak, diantaranya sebagai berikut :

- Sunahkan meberi nama dengan Abdullah (Hamba Allah) dan Abdurrohman Hamba yang Maha Pengasih)
-
Dengan pemberian nama Abdullah, maka secara tidak langsung orangtua telah mendo’akan agar anaknya menjadi hamba Allah yang  taat. Sebagai orangtua tentu kita semua tahu bahwa do’a kita untuk anak-anak kita itu sangat mustajab.

Bahkan Islam telah mengajarkan dengan jelas kepada kita, bahwa Ridho Allah itu tergantung dengan Ridho orang tua. Pemberian nama tersebut juga berarti merupakan sebuah bentuk do’a dan keridho’an agar anaknya kelak menjadi hamba Allah yang taat, dan sangat berguna untuk agama-Nya.

- Sunah memberi  nama dengan  Abdul  lalu diikuti dengan nama Asma-Ul Husna

Contoh Abdul Ghofur artinya hamba Allah yang maha pemaaf, selain indah nama tersebut juga adalah do’a dan sugesti kuat bagi alam bawah sadar anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang taat pada Agama, dan menjadi orang yang pemaaf.

Memberi nama dengan nama para nabi

Dengan memberikan nama anak sesuai dengan nama Nabi, diharapkan nanti anak bisa tumbuh menjadi anak yang meniru para Nabi yang sudah pasti memiliki karakter yang sangat baik dan terpuji. Sebagai Umat Rasulullah tentu nama yang paling baik digunakan adalah nama Rasulullah SAW, yaitu Muhammad atau Ahmad.

Memberi nama dengan nama orang-orang shalih



“Sesungguhnya kami menamakan (anak-anak kami) dengan nama-nama para nabi dan orang-orang shalih sebelum mereka.” (HR.Muslim)

Dengan majunya zaman dan arus telekomunikasi, budaya Islam kian terancam terganti dengan budaya Barat, termasuk didalamnya dalam prihal pemberian nama. Nama yang menurut sebagian orang gaul dan sesuai zaman justru lebih mereka pilih, sekalipun nama tersebut dimiliki oleh orang-orang kafir.

Sebagai umat Islam tentu kita harus menghindari jauh-jauh hal demikian, karena dikhawatirkan setelah dewasa anak justru akan tumbuh menjadi meniru orang yang kita tiru namanya tersebut. Oleh karena itu memberikan nama anak dengan nama orang-orang yang sudah sangat jelas keshalihan dan peran besarnya dalam Islam, adalah cara tepat untuk menjadikan anak kita tumbuh menjadi pribadi-pribadi kebanggaan Allah dan Rasulnya.

Contoh nama Muhammad Haqqi Dede Nazili misalanya, nama tersebut diambil dari nama Syekh Muhammad Haqqi An Nazili, yang merupakan  salah seorang Mursyid/Syekh yang mengajarkan ilmu tasawuf yang bersandar pada Al-Qur’an dan hadits, beliaupun adalah salah satu pengarang kitab ilmu Hikmah yang berjudul Khozinatul Asror.

Dengan nama tersebut bukan hal yang mustahil jika setelah dewasa anak tersebut akan meniru jejek langkah Syekh Muhhammad Haqqi An Nazili dalam memberikan kontribusi kemanfaatan yang besar untuk agama dan umat.

Memberi  nama-nama dengan nama-nama yang berasal dari bahasa arab

Sebagai orang Islam yang berpegang teguh pada Kitab Suci Al-Qur’an  yang tertulis dengan bahasa arab. Memberikan nama anak dengan bahasa arab adalah suatu hal yang sangat baik.  Hal ini dikarenakan selain berfungsi sebagai identitas dirinya, nama  tersebut juga bisa menjadi identitas agama yang dianutnya.

Memberi nama adalah hak ayah dan dinasabkan kepada ayahnya

Meski tidak semua orang diberikan pemahaman  terkait pemberian nama untuk anaknya, namun seyognyanya nama anak itu diberikan langsung oleh sang ayah dari anak tersebut.

Peran penting ayah bagi nama sebuah anak akan terlihat jelas pada saat anaknya menikah atau meninggalkan alam fana ini, dalam akad nama ayah akan disebutkan saat putrinya dinikahkan. Hal ini seakan menunjukan dengan tegas akan besarnya tanggung jawab ayah terhadap anak-anaknya, dan satu diantara tanggung jawab besar yang tidak boleh disepelekan adalah dalam memberikan nama yang baik untuk anak-anaknya.

Rasanya tidak mustahil jika saya katakan , nama yang orangtua berikan adalah pondasi awal untuk membentuk karakter anak dikemudian hari. Nama anak yang mengandung arti yang baik akan sangat memberi afirmasi diri yang sangat baik untuk alam bawah sadar anak.


Mengungkap Misteri  Arti Nama Tatang itu Sulit


Nama Tatang sangat identik dengan orang sunda, namun demikian sebagai salah seorang dengan pemilik nama tersebut sampai saat ini penulis belum bisa mengetahui apa sebenarnya arti nama tatang tersebut.

Sudah sering bertanya pada banyak orang tentang arti nama tersebut, namun belum ada yang bisa mengungkap apa sebenarnya arti nama tatang itu. Bahkan pada akhirnya justru banyak yang bertanya balik pada penulis akan apa sebenarnya arti nama tersebut.

Bagi sahabat pembaca yang mengetahui arti nama Tatang mohon beritahui kami dikomentar posingan ini ya.

Detatang :  Dermawan, Tampan, Tangguh




Dalam Header Blog ini pasti sobat sudah melihat tulisan Dermawan, Tampan,Tangguh. Mungkin sebagian tidak sadar bahwa kata tersebut adalah kepanjangan dari nama penulis, yaitu Detatang.
Penulis yang tidak tahu arti namanya berusaha memberikan afirmasi diri yang sangat positive untuk nama penulis sendiri. Hal ini karena penulis sadar betul bahwa afirmasi yang penulis berikan untuk diri penulis sendiri, akan dapat mengembangkan persepsi diri yang poitiv, bahkan memunculkan keyakinan yang sangat kuat untuk akhirnya dapat mewujudkan afirmasi tersebut.

Berikut penjelasan afirmasi tersebut :

De memilki kekuatan Afirmasi Dermawan

Kata De dalam nama penulis terbilang sangat unik, pasalnya nama awal tersebut membuat banyak orang sering penasaran. Ada yang menganggap itu adalah kependekan dari sebuah nama, atau bahkan sampai banyak yang membuatnya sebagai candaan. Sering ada yang bertanya pada penulis, kakanya mana, ketika mereka mengetahui nama penulis adalah Detatang. Atau bahkan ada pula yang memanggil penulis dengan sebutan pa De karena nama tersebut, namun apapun respon mereka kebanggan penulis terhadap nama tersebut pasti  akan selalu ada.

Terkait berbagai candaan mereka penulis selalu mengatakan, De tersebut artinya Dermawan, atau De tersebut adalah lambang penulis yang akan selalu tampil awet muda.

Berbicara nama De pada nama penulis, sebenarnya memiliki sejarah tersendiri. Penulis yang terlahir pada malam Jum’at keliwon, menurut sesepuh pada zaman dulu nama awalnya harus di awali dengan huruf De, alhasil terciptalah nama Detatang untuk penulis, nama yang singkat, padat dan jelas serta  mudah diingat tentunya.

Sementara Afirmasi diri yang penulis berikan pada kata De dengan Dermawan, hal ini karena penulis sangat berharap penulis akan mampu memberikan kemanfaatan sebanyak-banyaknya untuk kemaslahatan umat. Penulis sangat berharap agar Allah memberikan kecukupan ilmu dan harta bagi penulis, sehingga penulis benar-benar bisa menjadi orang yang dermawan yang senantiasa ringan tangan dalam membantu sesama.

Ta memiliki kekuatan Afirmasi Tampan

Tampan utama yang penulis maksud disini bukanlah tampan fisik, namun lebih penting dari itu adalah tampan hati. Dengan afirmasi ini penulis sangat berharap Allah senantiasa menuntun hati penulis untuk senantias memiliki hati yang tampan (baik, terpuji dan menyenangkan).

Dengan ketampanan hati, maka akhirnya penulispun bisa dengan mudah memiliki kekayaan hati. Hal ini menunjukan nama De dan Ta adalah satu kesatuan yang saling melengkapi, dan saling membantu membentuk karakter terbaik bagi diri penulis.

Tang memiliki kekuatan Afirmasi Tangguh

Dengan afirmasi ketangguhan ini, penulis sangat berharap agar Allah memberikan berbagai ketangguhan pada penulis, baik tangguh dalam melewati cobaan-Nya , ataupun tangguh dalam memperjuangkan kebenaran dan hak-hak orang banyak yang terdzalimi.

Detatang : Deramawan, tampan, tangguh adalah afirmasi yang sangat penting bagi penulis. Penulis meyakini dengan seyakin-yakinnya bahwa Allah akan membenuk diri penulis sesuai afirmasi tersebut.

Penulis sadar ucapan itu adalah do’a, begitupun penulis sadar jika Allah itu sangat bergantung pada keyakinan kita.

Oleh karena itu penulis sangat yakin Allah akan mewujudkan diri penulis sesuai namanya, yaitu menjadi manusia yang Dermawan, Tampan, dan Tangguh…

Nah, bagi yang belum menemukan afirmasi positive dari namanya, segeralah temukan. Rasakanlah energy besar yang akan Allah berikan melalui perantara Afirmasi luar biasa yang anda temukan tersebut.

Semoga  Bermanfaat dan menginspirasi

Salam Kepedulian


Detatang - Kamal

Update Arti Nama Tatang Ternyata Ini



Dilansir dari carinamabayi.com ternyata arti nama Tatang adalah bentuk lain dari nama Agan (Juragan, bangsawan)

Detail nama Tatang

Tatang adalah nama yang dapat digunakan untuk anak Laki-laki. Nama Tatang dapat digunakan pada nama depan, nama tengah dan nama akhir.

  • Nama Tatang dapat digunakan pada Nama Depan misalnya: Tatang Achmad Taufiq, Tatang Kadarusman, Tatang Mahendra Tanu, Tatang Pandi, Tatang Ruhyat, Tatang S, Tatang Saepudin.
Anda bisa melihat ide rangkaian nama Tatang di Ide Rangkaian Nama Tatang semoga dapat membantu anda dalam memilih nama yang tepat buat buah hati anda. 

Arti nama Tatang dari beberapa Bahasa


Selain nama Tatang dari sunda yang ada pada tabel di atas, nama Tatang juga memiliki arti dari beberapa bahasa lain, diantaranya yaitu:
Tatang dari Indonesia (untuk anak Laki-laki), yang berarti Terang Dan Ceria
Tatang dari Sundanese (untuk anak Laki-laki), yang berarti N/a



Previous
Next Post »
Thanks for your comment