Lakukan 9 Hal Ini Untuk Kesehatan Mental Anda

Meski satu dari lima orang Aussie mengalami sakit mental, tapi banyak yang tidak mencari pertolongan dan pengobatan karena stigma. Mencegah memang jauh lebih baik daripada mengobati. Sangat penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental.

Berikut ini beberapa saran yang didukung oleh penelitian dan disetujui para ahli yang dapat membantu Anda memperbaiki kesehatan mental Anda setiap hari, seperti dikutip dari womenshealth.com.au, Oktober 2017, bertepatan dengan bulan kesehatan jiwa se dunia.

Sarapan Telur, Alpukat bersama Roti Panggang

Mengonsumsi roti bakar, telur dan alpukat untuk sarapan
dapat meningkatkan mood.

Sejumlah penelitian menemukan hubungan yang signifikan antara diet dengan kesehatan mental. Ini dibuktikan dengan peningkatkan kualitas makanan sangat membantu pengoboatan pasien yang mengalami depresi klinis.

Ahli Gizi Melissa Brunetti, spesialisasi hubungan makanan dengan mood, baru-baru ini mengungkapkan kombinasi sarapan terbaik adalah telur di atas roti panggang dengan alpukat. Makanan ini mengandung asam amino, omega-3, serat, vitamin D, dan asam lemak.

"Otak kita sekitar 60% lemak dan kita perlu mendapatkan lemak dari  makanan. Alpukat kaya akan triptofan, yang merangsang munculnya serotonin, zat kimia penghasil rasa senang (mood positif). Alpukat juga mengandung folat dan Omega 3,” ujar Melissa.


Bergerak Aktif Walau Hanya Beberapa Menit

Sebuah studi yang dipimpin oleh Black Dog Institute menemukan bahwa latihan kecil, terlepas dari intensitasnya, dapat membantu mencegah depresi di masa depan. Hasil penelitian ini diterbitkan di American Journal of Psychiatry. Studi terbesar dan paling luas ini menyatakan bahkan satu jam berolahraga - apakah itu jalan santai atau olahraga berat yang rutin dilakukan setiap minggu dapat memperbaiki kesehatan mental.


Jadi membiasakan jalan santai setiap hari akan meningkatkan manfaat yang serius bagi tubuh dan mental. Menambahkan yoga ke dalam latihan rutin Anda juga merupakan ide bagus sebab penelitian menyatakan yoga dapat memodulasi sistem respon tubuh terhadap stres, dan membantu mengatasi cemas dan depresi.

Mendengarkan Lagu-Lagu Ini

Penelitian dari Mindlab di Inggris menemukan bahwa lagu Weightless, oleh Marconi Union, dapat mengurangi sekitar 65% kecemasan yang dialami banyak orang. Lagu ini dibuat berkolaborasi dengan terapi suara untuk mengatur harmoni, irama dan bass untuk membantu memperlambat denyut jantung pendengarnya. Juga untuk mengurangi tekanan darah, dan menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Peneliti Utama, Dr. David Lewis-Hodgson mengatakan, "Lagu Weighless  sangat efektif, banyak wanita menjadi mengantuk saat mendengar lagu ini, dan saya tidak menyarankan mendengarkan lagi ini saat menyetir karena bisa berbahaya,” katanya.

Menonton TV

Para ahli menyatakan, menikmati cemilan sambil menonton siaran televisi (TV) dapat mengurangi kecemasan.  "Ketika menonton televisi, biasanya kita akan menonton siaran yang kita senangi atau menarik bagi kita," kata Richard Shuster, pembawa acara The Daily Aiding Podcast.

"Ketika kita melakukan kegiatan yang memberikan kesenangan dan kenikmatan, banyak manfaat yang didapatkan termasuk pengurangan stres, contohnya menonton acara komedi, " tuturnya.

Namun ingat, saat Anda menonton televisi hingga tertidur, itu akan memberi dampak negatif pada siklus tidur Anda. “Jika ini yang terjadi, malah akan meningkatkan stres dan kecemasan.”

Menulis

Menulis tentang emosi Anda dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, terutama jika Anda mengalami peristiwa traumatis. Sebuah penelitian tentang Manajemen Stres dipublikasikan di Harvard Health School Special Health Report. 

Studi ini melibatkan 46 mahasiswa sehat yang diminta menulis selama 15 menit tentang kejadian traumatis atau hal-hal ringan yang mereka alami, kegiatan menulis ini dilakukan empat hari berturut-turut dalam satu minggu.

Setelah enam bulan percobaan,  peneliti menemukan para siswa yang menulis di buku harian jarang mengunjungi pusat kesehatan kampus dan juga sangat jarang mengonsumsi obat pereda sakit.  Pada 2012, sebuah penelitian  juga menemukan bahwa  menulis semua hal yang membuat Anda stres dan kemudian membuangnya, secara fisik dapat membantu membersihkan pikiran Anda.

Berbagi Foto Selfi dengan Teman

 
Foto selfie dan membagikannya kepada teman
dapat meningkatkan kebahagiaan.
Sebuah studi dari University of California, Irvine, menemukan mengambil foto selfi dan membaginya ke teman-teman dapat meningkatkan kebahagiaan.  "Penelitian kami menunjukkan bahwa mengambil gambar diri  dan berbagi kebahagiaan melalui smartphone dapat meningkatkan perasaan positif,” kata pemimpin studi Yu Chen. Beberapa partisipan yang terlibat dalam penelitian ini menyatakan semakin percaya diri dan nyaman dengan foto tersenyum mereka dari waktu ke waktu.

Berkumpul Bersama Teman-Teman

Menghubungi sahabat dan nongkrong atau menghabiskan waktu bersama sahabat dapat meningkatkan kebahagiaan.  Ada banyak penelitian yang menyatakan bahwa hubungan sosial sangat penting bagi kesehatan mental, dan studi pada  2011  menemukan menghabiskan waktu dengan sahabat-sahabat baik Anda, dapat mengurangi stres.

Suka Menolong Orang Lain

Hasil studi baru-baru ini dari Jurusan Ekonomi di Universitas Zurich, menemukan hubungan yang kuat antara bersikap murah hati dengan perasaan bahagia. Periset menggunakan pencitraan resonansi magnetik fungsional untuk memeriksa mekanisme otak yang menghubungkan perilaku ini dengan kebahagiaan.


Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tindakan altruistik mengaktifkan area otak yang terkait dengan siklus penghargaan. Jadi, sering-sering lah memuji rekan kerja Anda, ciptakan isu yang menarik untuk kegiatan sosial, atau donasikan uang Anda untuk kegiatan sosial dan kegiatan amal.

Dapatkan Tidur Berkualitas 

Banyak penelitian yang menyatakan hubungan antara masalah tidur dengan kecemasan dan depresi.  Psikolog University of Warwick menemukan kualitas tidur dapat meningkatkan kebahagiaan yang setara dengan seseorang yang memenangkan lotere senilai Rp3,9 miliar. Wooowwww!!!

Nah, untuk membantu Anda dapat tidur nyenyak di malam hari, cobalah untuk mematikan semua peralatan Anda mulai dari smartphone, televisi, dan lampu lebih cepat, kurangi mengonsumsi kafein, dan melakukan latihan pernafasan ringan sebelum tidur.

Namun, jika Anda tidak dapat mengatur hal tersebut, maka dapatkan tidur siang yang berkualitas, sebuah penelitian menyatakan tidur siang yang singkat sekalipun dapat meningkatkan mood Anda. (R)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment