Seberapa Sering Mencuci Handuk Agar Terhindar Dari Miliaran Bakteri?

Seberapa Sering Peralatan Rumah Tangga Harus Dibersihkan
Cucilah handuk sekali dua hari agar bakteri dan jamur tidak berkembangbiak
pada kain yang akan mengelap seluruh bagian tubuh Anda.


Kebersihan bisa agak subjektif,  ada orang yang merasa harus menyapu setiap kali  ada debu atau kotoran yang menempel di lantai, tapi ada juga yang baru menyapunya jika sudah cukup banyak debu yang mengotori lantainya. Namun, ahli memberikan beberapa saran dalam membersihkan rumah untuk menjaga kesehatan anggota keluarga Anda.

Jika Anda melihat kehidupan  di bawah microskop,  bulu kuduk Anda mungkin merinding. Bakteri kecil mungil dan mikroba yang terdiri dari virus, debu, jamur, bulu binatang, serbuk sari, keringat, eksresi, dan sel-sel kulit, semuanya menyerbu ruangan di rumah Anda.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Popular Science rentang hidup kuman sangat bervariasi tergantung pada jenis bakterinya. Misalnya E Coli (bakteri usus) dapat hidup selama beberapa jam hingga satu hari, sedangkan virus calici (penyebab flu perut) bisa hidup selama berhari-hari hingga beberapa minggu. Jadi, seberapa sering kita harus membersihkan bak mandi, toilet, atau mengganti sprei agar kuman-kuman kecil itu tidak berkumpul menjadi banyak dan menyebabkan penyakit? Mungkin lebih sering daripada yang  dipikirkan!

Cobalah Ikuti Saran Dua Ahli Ini

Ahli Mikrobiologi Jason Tetro yang juga ilmuwan tamu di Universitas Guelph dan penulis The Germ Code dan The Germ File, bersama Ahli Kebersihan Becky Rapinhuk, yang juga seorang penulis buku Simply Clean dan The Organically Clean Home memberikan saran standar dalam menjaga kebersihan rumah untuk kesehatan. Berikut saran mereka, seperti dikutip dari nbcnews.com.

GANTI SEPRAI?
SEKALI SEMINGGU. Meskipun kebanyakan bakteri pada seprai  berupa debu dan sebagian besar berupa bakteri dan jamur yang tidak berbahaya bersama dengan kotoran dan minyak yang minyak yang  terkelupas selama tidur. Semua ini dapat  melekat pada seprai dan  kulit kita,  berkontribusi terhadap jerawat dan ketombe. Agar tempat tidur  bersih, ganti seprai seminggu sekali (seperti yang direkomendasikan oleh Rapinchuk), atau minimal setiap dua minggu sekali (seperti rekomendasi Tetro, dan cucilah dengan air panas.



MEMBERSIHKAN WASTAFEL?
SETIAP HARI. Walau  terlihat bersih, wastafel bisa benar-benar kotor.  Tetro mengatakan wastafel kamar mandi menumpuk kotoran (dari mencuci tangan setelah Anda menggunakan kamar mandi). Selain itu, bakteri dari makanan, seperti E.Coli dan Salmonella, dapat mencemari wastafel dapur, terutama jika Anda telah mencuci dan membersihkan  daging mentah dan ikan. Saat air bercampur kembali ke tangan Anda, wastafel ikut terkontaminasi. Agar aman dan sehat,  bersihkan wastafel Anda setiap hari.

Bersihkan wastafel setiap hari.


SEDOT DEBU?
SEKALI SEMINGGU. Jika rumah Anda dipenuhi dengan karpet,  maka harus disedot setiap minggu (lebih sering jika Anda memiliki hewan peliharaan)  untuk membebaskan karpet dari debu, kotoran dan alergen. Selain itu, pel lantai atau steam sekali dua minggu. Sebaiknya pel  lantai dapur lebih sering karena bakteri makanan dapat menyebar.

MENYIKAT KAMAR MANDI?
SEKALI MINGGU SETIDAKNYA. Tetro mengatakan kamar mandi merupakan tempat utama bersarangnya bakteri,  bakteri E.coli dapat ditemukan sepanjang  jarak enam kaki dari toilet dan di wastafel. Untuk menjaga kebersihan toilet, bersihkan menggunakan desinfektan setidaknya seminggu sekali, dan bersihkan bak mandi minimal dua minggu sekali. Tirai kamar mandi juga harus dibersihkan menggunakan cairan pembunuh kuman sekali seminggu untuk menghindari jamur yang dapat mengiritasi kulit, mata dan tenggorokan.

MENCUCI HANDUK?
DUA HARI SEKALI. Handuk mandi akan  penuh dengan bakteri jika tidak benar-benar  kering saat digantung. Plus, jamur penyebab ketombe juga bisa tumbuh di handuk.  Rapinchuk menyarankan mengganti handuk mandi setiap dua hari sekali. Untuk handuk dapur dapat dicuci sekali seminggu, bakteri dapat menumpuk di handuk dapur setiap Anda mengelap tangan usai membersihkan bahan makanan atau mencuci piring. Kecuali, jika Anda membersihkan daging mentah, segera cuci handuk dapur yang Anda pakai.

MENCUCI SPONS?
DUA HARI SEKALI. Spons dapur bisa mengandung miliaran bakteri di setiap inci persegi, kata Tetro. Tetapi jangan takut,  sebagian besar bakteri tidak berbahaya. Mencuci  spons dengan sabun dan air tidak bisa benar-benar membunuh kuman,  Tetro merekomendasikan untuk memasukkan spos  ke dalam air mendidih selama 2 menit dan menggantinya ketika sudah rusak.



MEMBERSIHKAN GAGANG PINTU?
SEKALI MINGGU. Meskipun digagang pintu menumpuk banyak bakteri, tidak perlu dicuci terlalu sering, kecuali  gagang pintu  kamar mandi dan dapur  yang sering terkontaminasi oleh bakteri sebaiknya dibersihkan menggunakan desinfektan seminggu sekali, terutama jika ada yang sedang sakit di rumah.

Apakah semua jadwal pembersihan alat-alat rumah tangga ini membuat ribet? Tidak perlu stres, lakukan yang terbaik yang bisa Anda lakukan. Rapinchuk merekomendasikan, setidaknya bersihkan tempat tidur Anda setiap hari karena itu mendorong pola pikir yang produktif. Jangan lupa, cuci seprai Anda dengan baik, gunakan air panas. ()


Previous
Next Post »
Thanks for your comment