Berikan Nutrisi Seimbang di Masa Perkembangan Anak

Perkembangan dan pertumbuhan pada anak merupakan sebuah concern yang wajib diperhatikan oleh setiap orangtua. Mengenal tiap tahapan yang dilalui si kecil dapat memberikan pengetahuan baru untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk merangsang pertumbuhannya. Nah, kenali tehapan masa perkembangan anak dan berikan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhannya.


Kenali Masa Pertumbuhan Anak dari Aspek Biologis

Pertumbuhan dan perkembangan si kecil dapat dilihat dari berbagai aspek, salah satunya aspek biologis. Berdasarkan teori yang dikemukakan Depkes pada 2006 lalu, masa pertumbuhan anak bisa dikategorikan dalam berbagai tahap.

1.    Masa parental alias intra uterin

Masa ini adalah masa janin berada di dalam kandungan Ibu. Tahapan ini sendiri terbagi lagi ke dalam tiga periode, yakni zigot/ mudigah, embrio, dan janin/ fetus. Pada tahap parental, terutama trimester akhir masa fetus, pertumbuhan organ berlangsung dengan sangat cepat. Karenanya, Ibu butuh dukungan nutrisi yang bergizi untuk mendukung perkembangan janin. Lactamil bisa menjadi pilihan tepat untuk mencukupi nutrisi Ibu dan janin.

2.    Masa bayi (infancy)

Masa ini berlangsung dari bayi lahir hingga berusia 11 bulan. Dalam tahap ini terbagi lagi ke dalam dua kategori yakni masa neonatal (umur 0 hingga 28 hari) dan masa post neonatal (29 hari hingga 11 bulan). Masa ini merupakan tahapan yang pesat dalam masa perkembangan anak. Pemberian ASI eksklusif sangat dianjurkan. Untuk menjaga nutrisi Ibu selama menyusui, berikan Lactamil Lactasis yang kaya gizi.

3.    Masa anak toddler

Masa ini berlangsung dari usia 1 hingga 3 tahun. Masa pertumbuhan anak berangsur-angsur mulai menurun di tahapan ini, namun mulai terjadi perkembangan motorik kasar dan halus. Di masa inilah pertumbuhan dan perkembangan serabut saraf otak membentuk jaringan yang semakin kompleks. Anak mulai mengalami perkembangan bahasa, kreativitas, emosional, kesadaran sosial dan intelegensia.

4.    Masa anak pra sekolah

Masa ini merupakan masa sebelum anak memasuki usia sekolah, yakni 3 hingga 6 tahun. Pertumbuhan anak di masa ini berlangsung lebih stabil dan aktifitas jasmani turut meningkat intensitasnya.

5.    Siapkan Nutrisi Sejak Dini

Untuk mendukung masa perkembangan anak, siapkan dan bekali nutrisi sejak dini. Perbanyak referensi dan pengetahuan baru seputar nutrisi Ibu dan bayi dengan bergabung di Nutriclub. Anda juga berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik dengan mendaftarkan diri menjadi member. Ibu cerdas, Ibu Nutriclub.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment