Beberapa Manfaat Makanan yang Mengandung Asam Folat

Folat, atau asam folat, adalah vitamin B esensial yang larut dalam air. Folat adalah nama nutrisi alami yang ditemukan dalam makanan. Bentuk sintetis, dalam suplemen atau makanan yang diperkaya, disebut asam folat.


Folat membantu jaringan dan sel kita tumbuh dan berfungsi, jadi itu adalah nutrisi penting selama periode pertumbuhan yang cepat seperti pada kehamilan, bayi dan remaja. Untuk bayi khususnya, makananyang mengandung asam folat mendukung pembentukan otak dan sumsum tulang belakang dari tabung saraf dan berperan dalam mendukung perkembangan otak bayi Anda.

Untungnya folat ditemukan secara alami di berbagai makanan, termasuk sayuran berdaun gelap, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, produk susu, daging, telur, makanan laut dan biji-bijian. Wanita tidak hamil berusia 19 dan lebih tua membutuhkan 400 mcg asam folat per hari. Selama kehamilan, kebutuhan meningkat menjadi 600 mcg per hari dan menjadi 500 mcg per hari saat menyusui.

Saat hamil, suplementasi direkomendasikan karena bisa sulit untuk memenuhi kebutuhan folat tinggi melalui diet saja. Bahkan, layanan kesehatan merekomendasikan bahwa semua wanita usia subur yang mampu hamil mengambil 400 mcg asam folat setiap hari. Wanita yang memiliki anak dengan spina bifida mungkin memerlukan dosis asam folat yang lebih tinggi, hingga 4000 mcg per hari mulai satu bulan sebelum konsepsi.

Apa Saja Manfaat Makanan yang Mengandung Asam Folat?

Bukti menunjukkan bahwa diet sehat dengan folat yang cukup dapat mengurangi risiko wanita memiliki anak dengan cacat lahir otak atau sumsum tulang belakang ketika diambil sebelum konsepsi dan berlanjut sepanjang trimester pertama kehamilan.

Bayi hingga usia 6 bulan membutuhkan 65 mcg folat setiap hari yang meningkat menjadi 80 mcg dari 7-12 bulan. Anak-anak hingga usia 3 tahun membutuhkan 150 mcg asam folat setiap hari. Bayi yang mendapat ASI jangka panjang tidak membutuhkan suplementasi asam folat kecuali jika ditunjukkan oleh dokter.

Itulah informasi seputar manfaat dari makanan yang mengandung asam folat, semoga artikel ini bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment