Berapa Standar Harga Pipa Air Rucika? Temukan Jawabannya!

Pipa sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari kehidupan kita apalagi saat ini pembangunan berjalan cukup pesat dan material yang dibutuhkan tidak hanya batu bata, semen atau kayu saja namun juga membutuhkan pipa air yang digunakan untuk mengalirkan air ke bagian – bagian rumah. Jenis pipa yang saat ini dipakai oleh masyarakat kita ternyata sudah ada sejak jaman abad ke-19 dahulu.

Pada jaman Yunani kuno masyarakat sudah mengenal teknologi pengaliran air menggunakan pipa yang berasal dari logam hal ini disebabkan logam merupakan bahan yang cukup kuat untuk digunakan. Teknologi pengaliran air menggunakan logam inilah yang nantinya diadopsi oleh bangsa Romawi dan berkembang terus menerus hingga saat ini.

Namun, karena logam merupakan bahan yang keras dan susah sekali untuk dipindahkan dan kadang kala air yang dialirkan pun menjadi berbau logam, untuk itu pada tahun 1835 akhirnya ditemukan jenis pipa PVC. Saat ini harga pipa air beragam tergantung pada tipe jenis pipa yang anda pilih.

PVC merupakan bahan plastik yang berasal dari campuran polimer serta bahan aditif lain. Mengapa harus ditambahkan bahan aditif? Hal ini karena bahan PVC asli cukup susah untuk dibentuk sehingga dibutuhkan bahan tambahan untuk memudahkan proses pembuatannya. Saat ini pipa PVC merupakan jenis pipa yang cukup populer di masyarakat salah satu produsen pipa yang cukup dikenal karena kualitasnya yakni Rucika yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun dalam membuat pipa.

Harga pipa air Rucika beragam tergantung pada kelasnya. Saat ini Rucika menyediakan dua jenis pipa PVC pada kelas standar yakni kelas AW dan kelas D. Apa bedanya? Perbedaan yang paling mendasar berdasarkan ketebalan dan kemampuan menahan tekanan. Pipa Rucika jenis AW merupakan jenis pipa PVC yang memiliki tekanan hingga 10 bar. Sedangkan pipa PVC Rucika jenis D memiliki tekanan hanya sekitar 5 bar.

Jika anda membutuhkan pipa untuk keperluan pengaliran air bersih maka anda bisa memilih pipa Rucika tipe AW. Jika anda menggunakan jenis AW untuk proses buangan limbah sehari – hari tentu sangat merugikan karena anda harus mengeluarkan harga yang lebih mahal. Pipa Rucika jenis kedua yakni pipa PVC jenis D.

Pada jenis pipa D cocok untuk anda gunakan untuk pengaliran limbah rumah tangga karena tekanan yang dibutuhkan lebih rendah. Jika anda ingin menghemat dan menggunakan pipa PVC Tipe D untuk aliran air maka nantinya pipa ini mudah rusak dan anda akan mengeluarkan biaya lagi untuk pemasangan pipa yang baru.

Harga pipa air Rucika Tipe AW untuk ukuran ½ inch 23.300, sedangkan untuk ukuran ¾ inch anda bisa mendapatkannya dengan harga 31.700 per meternya. Harga semakin mahal jika diameter semakin besar.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment