Perkembangan Fire Suppression System dalam Dunia Pertambangan

Industri pertambangan dapat dibilang merupakan salah satu sektor bisnis yang paling berisiko dan berbahaya. Lokasi kerja yang riskan, jenis sumber daya yang digali, serta alat-alat berat yang digunakan merupakan penyebab utamanya. Kombinasi ketiga faktor ini mudah menimbulkan kecelakaan seperti kebakaran atau ledakan. Tak ayal, pelaksanaan aktivitas operasionalnya harus dilakukan dengan mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan kerja yang akurat. Salah satu caranya ialah dengan menggunakan mining fire suppression system seperti yang ada dalam tautan berikut https://www.fluidcon.id/foam-guard-fire-suppression-system-by-fsi/.

Sistem pemadam kebakaran atau fire suppression system tersedia dalam berbagai tipe, yang dibedakan atas agen atau media yang mengisinya. Meski demikian, semua alat pencegah dan pemadam kebakaran punya tujuan yang sama, yaitu untuk mendeteksi kebakaran dan melindungi tempat kerjabangunan, lokasi tambang, juga pekerja dari kobaran api.

foam-guard-fire-suppression-system-by-fsi

Sistem pemadam kebakaran industri pertambangan di masa lalu

Bicara soal sistem pemadam kebakaran dalam dunia pertambangan, peralatan ini dulunya dianggap tidak penting oleh para pelaku bisnis sektor tersebut. Perusahaan-perusahaan penambangan merasa bahwa menginvestasikan modal mereka pada sistem ini bukan suatu hal yang mendesak. Makanya, hampir semua lokasi-lokasi pertambangan di dunia dulunya tidak memiliki sistem pemadam kebakaran yang memadai.  Akibatnya adalah kecelakaan kerja di lokasi tambang yang fatal dan terus berulang.

Sistem pemadam kebakaran industri pertambangan di masa kini

Dilansir dari laman Mining.com, sebuah kecelakaan besar di tambang North Mount Lyell pada 1912 menyadarkan banyak pelaku usaha ini. Industri tambang lantas berbenah untuk menghindari peristiwa yang sama terulang pada tambang mereka.

Dengan bantuan teknologi yang terus berkembang, saat ini dunia pertambangan bisa dikatakan memiliki sistem pemadam kebakaran paling maju dan modern. Penemuan bahan kimia kering yang dapat digunakan untuk mengendalikan api menambah akurasi sistem pemadam kebakaran untuk area pertambangan. Selain itu, agen cair (liquid) yang cocok untuk digunakan secara bersamaan dengan bahan kimia kering tersebut juga meningkatkan sistem pemadam kebakaran untuk industri pertambangan.

Kehadiran sistem pemadam kebakaran seperti di atas bukan hanya menjamin keselamatan pekerja dan keamanan lokasi tambang. Akan tetapi, sistem tersebut juga bisa membuat industri pertambangan kian berkembang juga berhemat. Demikianlah ulasan tentang perkembangan fire suppression system dalam dunia pertambangan.

Semoga informasi di atas berguna untuk Anda, ya. 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment