Lebih Bijak Menggunakan Lensa Kontak Bersama SehatQ.com

Kini penggunaan lensa kontak merupakan hal yang sudah biasa, baik bagi orang dewasa maupun remaja. Benda pipih menyerupai selaput ini sering dimanfaatkan sebagai aksesori mata, agar tampil berbeda. Meski terlihat menarik, sehatq.com berpesan untuk senantiasa berhati-hati, karena lensa kontak dapat menyebabkan ulkus kornea.

Meski terdengar asing, penyakit yang satu ini sangat perlu diwaspadai. Tak hanya membuat infeksi, pada kasus lebih lanjut ulkus kornea dapat memicu komplikasi. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan lensa kontak dengan bijak.

Informasi sehatq.com Mengenai Ulkus Kornea

Jika diperhatikan secara saksama, pada mata bagian ada suatu lapisan yang tampak seperti jaringan berwana bening. Menurut situs sehatq.com lapisan ini dinamakan kornea, yaitu suatu jaringan yang berfungsi sebagai jendela atau penyaring benda asing yang akan masuk ke mata. Lantas, apa yang dimaksud dengan penyakit ulkus kornea?

Pengertian

Ulkus kornea adalah luka terbuka yang terjadi pada lapisan pelindung atau kornea. Luka itu sendiri dapat diakibatkan oleh infeksi atau yang biasa disebut dengan keratitis. Akibatnya, mata akan merasa kurang nyaman hingga memicu penyakit yang lain.

Penyebab

Seperti yang dilansir pada sehatq.com, ulkus kornea dapat disebabkan oleh beberapa hal, bukan hanya penggunaan kontak lensa saja. Berikut adalah tiga penyebab utama timbulnya ulkus pada kornea:

a. Keratitis Herpes Simpleks

Keratitis herpes simpleks adalah penyakit ulkus kornea yang disebabkan adanya infeksi akibat virus. Selalu ada kemungkinan kambuh pada jenis infeksi ulkus kornea yang satu ini, terutama saat daya tahan tubuh melemah. Beberapa hal yang dapat memicunya, yaitu stres, paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan, dan lain-lain.

b. Keratitis Acanthamoeba

Keratitis acanthamoeba adalah ulkus kornea yang disebabkan adanya infeksi akibat amuba. Infeksi yang satu ini paling sering diakibatkan oleh penggunaan lensa kontak yang tanpa batasan. Meski jarang ditemui, kasus ini dapat menyebabkan orang tersebut mengalami kebutaan permanen.

c. Keratitis Jamur

Sesuai dengan namanya, keratitis jamur adalah ulkus kornea yang disebabkan adanya infeksi akibat keberadaan jamur. Infeksi ini biasa terjadi akibat zat atau bagian dari jenis tanaman tertentu, tergantung pada daya tahan tubuh dan riwayat alergi seseorang.

Gejala

Selain ketiga jenis keratitis di atas, masih ada beberapa faktor lain yang dapat memicu ulkus kornea. Seperti mata kering, mengalami defisiensi vitamin A, peradangan pada mata, cedera mata, dan lain-lain. Kemunculan penyakit ini dapat dilihat dari beberapa gejala seperti berikut:

a. Mata terasa sangat gatal dan sering berair

b. Mata terasa sangat sakit dan terlihat merah

c. Muncul seperti bintik putih pada bagian kornea

d. Pandangan samar atau terlihat kabur

e. Kelopak mata mengalami pembengkakan

f. Di mata terasa ada sesuatu yang mengganjal

g. Pada kasus lebih lanjut, mata dapat mengeluarkan nanah

Pengobatan

Jika mengalami gejala-gejala seperti di atas, sehatq.com menyarankan untuk segera memeriksakan kondisi mata. Dokter akan mengajukan untuk keperluan diagnosa dan langkah penanganan selanjutnya. Untuk keperluan lebih lanjut, dokter biasanya akan melakukan fluorescein eye stain dan mengambil jaringan halus pada ulkus.

Langkah ini diperlukan untuk mengetahui penyebab infeksi ulkus kornea. Setelah penyebabnya diketahui, dokter akan meresepkan obat yang mengandung antivirus, antibakteri, maupun antijamur. Jika ada tanda-tanda terjadinya peradangan, maka dokter juga akan memberikan obat antiinflamasi di dalam tetes mata.

Selama masa pengobatan penyakit, sebaiknya hindari penggunaan lensa kontak, kosmetik untuk mata, menyentuh, maupun jenis obat-obatan tertentu yang dapat memicu kontraindikasi. Selain itu, jangan terlalu membebani mata dengan paparan cahaya, seperti sinat matahari, ponsel, maupun televisi.

Meski terlihat remeh, jangan pernah menyepelekan kebiasaan yang dapat memicu penyakit, apapun itu. Terapkanlah hidup sehat dan selalu jaga kebersihan diri, terutama bagian tangan. Dapatkan informasi mengenai kesehatan, penyakit, fasilitas kesehatan dan lain-lain, hanya di situs terpercaya sehatq.com. Bersama SehatQ, hidup sehat lebih mudah dipahami.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment