Perbedaan Kaos Polos dengan Bahan Katun Combed dan Katun Carded

Kaos polos merupakan kaos seluruh umat tanpa memandang gender dan usia. Setiap orang pun memiliki selera kaos yang berbeda-beda seperti bahan dan warna. Tapi, taukah Anda apa jenis bahan kaos yang Anda gunakan? Selanjutnya, apa perbedaan antara kaos yang terbuat dari katun combed dan katun carded?

Jika Anda belum tau, artikel ini sangat cocok untuk menambah pengetahuan Anda. Sedangkan, jika Anda sudah tau maka artikel ini bisa menjadi bahan telaah pemahaman Anda. Artikel kali ini kita akan membahas dan menjabarkan beberapa informasi mengenai perbedaan kaos polos yang menggunakan katun combed dan katun carded.

Sebelum membahas perbedaan bahan katun combed dan katun carded, mari kita tinjau dari persamaan keduanya. Persamaan antara combed maupun carded yaitu terbuat dari 100% kapas sehingga kedua bahan tersebut dapat menyerap keringat dengan baik. Karena daya serap yang baik, maka kedua jenis bahan ini sangat cocok digunakan sebagai bahan kaos.

Kaos Polos

Perbedaan mendasar antara katun combed dengan katun carded yaitu penyisiran atau bisa disebut dengan nama combed. Katun combed dalam proses pembuatannya melalui proses penyisiran. Sedangkan katun carded tidak. Hal ini menyebabkan tekstur pada katun combed halus dan carded lebih kasar dibandingkan combed. Selain itu, proses produksi dari pembuatan combed tidak semudah proses produksi pada pembuatan carded.

Tekstur kain combed yang lebih kasar disebabkan dari banyaknya serat yang tidak sejajar. Sedangkan serat pada katun combed sejajar karena melalui proses penyisiran sehingga memiliki tekstur yang halus di kulit.

Proses penyisiran ini dari segi proses lebih mahal karena memiliki limbah yang lebih banyak dibandingkan dengan proses pembuatan katun carding. Hal ini berpengaruh pada kaos yang menggunakan katun combed cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kaos dengan bahan katun carded.

Dari segi kekuatan, benang dari kain carded cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan kain yang terbuat dari benang combed. Selain lebih kasar, tekstur dari benang carded juga lebih berbulu dibandingkan benang combed.

Perbedaan lainya antara combed dan carded, yaitu benang pada kain carded menghasilkan kain gram per square meter (GSM) yang lebih rendah daripada benang combed dengan kuantitas jumlah yang sama, penyusutan kain carded lebih banyak dari pada kain combed dan harga kain combed lebih mahal dari pada kain carded.

Kaos combed cenderung lebih dinikmati karena memiliki tekstur yang lebih halus dan dingin. sehingga cocok untuk digunakan pada aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, kaos dengan bahan carded tidak kalah baiknya. Semua tergantung dengan budget dan kenyamanan.

Semoga informasi mengenai perbedaan kaos polos dengan bahan katun combed dan katun carded dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jenis kain yang akan dipilih. 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment