Perawatan Mudah Cedera ACL Pasca Operasi

ACL adalah singkatan dari arterior cruciate ligaments. Hal tersebut merupakan penstabil utama pada sendi daerah lutut. Letaknya menempel pada kedua tulang kering dan tulang paha. Pada dasarnya lutut manusia merupakan sendi berengsel. Sehingga memungkinkan untuk mengalami cidera. Untuk itu perlu pencegahan sebaik mungkin dan membutuhkan perawatan ekstra apabila telah terjadi cedera.

Pada dasarnya ACL berjalan secara diagonal di tengah-tengah lutut dan mencegah terjadinya tulang kering meluncur di depan paha. Sekaligus sebagai penstabil tulang belakang ke lutut. Jika telah terjadi cedera, salah satu upaya dari dokter adalah melakukan prosedur operasi. Namun hal tersebut setelah sebelumnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis bedah tulang. Mengikuti anjuran dokter salah satu cara agar cedera segera teratasi. 

Cedera ACL

4 Perawatan Cedera ACL Pascaoperasi

Melakukan prosedur operasi adalah salah satu cara dokter bedah tulang untuk mengatasi cidera ACL pada kondisi tertentu. Perawatan pasca operasi biasanya pasien disarankan untuk mengikuti terapi fisik. Pasien yang menjalani operasi tentu akan mengalami permasalahan gerak setelah pasca operasi. Namun hal tersebut dapat diatasi dan dikembalikan secara berangsur dengan melakukan perawatan dengan baik. Berikut perawatan pascaoperasi yang harus dilakukan.

Terapi Fisik Cedera ACL

Terapi fisik harus dijalani pasien setelah menjalani operasi. Untuk waktunya sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh dokter. Dengan adanya teknik bedah baru dan fiksasi cangkok yang cukup kuat, terapi fisik metode sekarang menggunakan program percepatan. Pascaoperasi penting untuk menjalani program terapi fisik secara teratur, agar kondisi segera pulih.

Pengompresan Lutut

Pengompresan lutut dilakukan dalam rangka mengurangi terjadinya pembengkakan dan rasa nyeri pada bagian lutut. Pengompresan dapat dilakukan secara berkala. Dalam hal ini dokter akan memeriksa penggunaan mesin untuk menggerakkan. Jika cedera ACL menahan beban, penggunaan kruk untuk menjaga sebagian atau secara keseluruhan berat bedan dari terjadinya bengkak pada kaki. Namun hal tersebut tetap berdasarkan pantauan dokter.

Rehabilitasi

Rehabilitasi bertujuan menjaga dan menata ulang kembali tulang yang mengalami cidera. Selain itu juga berfungsi untuk mengurangi pembengkakan pada bagian lutut. Selain itu berguna untuk mempertahankan tempurung pada lutut untuk mencegah dari nyeri lutut arterior. Rehabititas ini bertujuan agar cidera pada lutut dapat kembali normal seperti semula dan mengurangi efek samping yang terjadi pascaoperasi.

Kembali Beraktifitas

Mengalami cidera ACL tentu tidak akan bisa beraktifitas bebas seperti semula, namun dapat diupayakan agar tulang kembali membaik. Dokter bedah tulang akan memperbolehkan melakukan olahraga seperti bersepeda dan olahraga kecil lainnya. Namun jika ditengah aktifitas tersebut terasa nyeri di bagian lutut, maka segeralah berhenti sejenak dan mengonsultasikan pada dokter. Penanganan cepat akan mencegah terjadinya akibat fatal di kemudian hari.

Cidera ACL adalah kondisi yang membutuhkan penanganan dengan cepat. Pasca terjadinya operasi, dengan melakukan perawatan sebaik mungkin menjadikan pemulihan cenderung lebih cepat. Selain itu untuk menjaga perasaan selalu baik, harus selalu bahagia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan dapat menjadikan semangat dalam menjalani pengobatan secara maksimal. 

Previous
Next Post »